Selebritas Gayus Tambunan

9 Jan 2011

“Aduh, gayanya yang mirip putri duyung itu, lho. Tapi, tepatnya dugong kali ya, bo? Dugong terdampar, gitu. Ya Allah, ha ha ha”.

Kalimat itu diucapkan oleh seorang presenter program infotainment terhadap salah satu foto Gayus Tambunan saat sedang pelesiran ke luar negeri. Terlihat, Gayus sedang bertelanjang dada dan tengkurap di bibir kolam renang sambil mesem menghadap kamera.

gayus3_renang

Dalam tayangan infotaitment pada Kamis (6/1/2011), itu, kepergian Gayus ke luar negeri diekspos habis- habisan. Seluruh fotonya di berbagai lokasi wisata, yang saat ini banyak beredar di internet, ditampilkan. Selain sedang bersantai di kolam renang, foto lainnya seperti saat bermain bilyar, di tepi pantai, serta mabuk-mabukan, juga dipasang.

Dengan minim narasi seputar pokok perkara Gayus, cerita travelling pegawai pajak tersebut dibumbui dengan tanggapan sejumlah artis. Ada yang menilainya dengan heran, menduga-duga siapa yang paling bersalah, dan aksi Gayus yang mencarut marutkan sistem hukum di Indonesia.

“Kok aneh, ya, sampai Gayus bisa ke luar negeri? Mestinya sistem imigrasi kita sudah canggih, kan?” ucap seorang artis.

“Iya, hukum kita bisa diobrak-abrik, perangkat hukum kita dirusak. Gayus bisa ke sana kemari. Ke mana otak, tuh, orang? Ke mana hati nuraninya?” kecam artis sinetron lainnya.

Gayus memang bukan lagi konsumsi pers, tapi infotainment. Gara-gara kasus pelesirannya ke Bali, lalu belakangan diketahui sebelumnya sempat ke Macau, Kuala Lumpur, dan Singapura, dan Thailand, Gayus bak selebritis yang digosipkan ngalor-ngidul.

Tidak cuma satu, ‘miliarder’ itu tampil di beberapa program infotainment di televisi yang berbeda-beda. Durasi tayangannya pun bahkan lebih dari selebritis betulan yang gosipnya sedang menduduki rating “terpanas”.

Semua orang memang geli bercampur geram dengan ulah Gayus yang merupakan terdakwa kasus korupsi dan mafia perpajakan tersebut. Sejak kasusnya bergulir, publik dibuat geleng-geleng kepala oleh episode demi episode yang dimunculkan Gayus beserta parodi hukum yang mengelilingi.

gayus2

Barangkali hal itulah yang menarik produser untuk memolesnya menjadi tayangan infotaintment yang menghibur. Bolehlah, supaya masyarakat Indonesia makin menertawakan hukum di negeri ini. Di samping itu agar para aparat penegak hukum makin malu atas ketidakberesan hukum yang mereka perankan dari hari ke hari.

Tapi saya tetap tidak setuju dengan saran sang pembawa acara infotaintmen sore itu. “Mungkin dia lagi studi banding kali, bo. Lucu sekali, ya, Gayus. Kenapa nggak jadi artis saja?” katanya sebelum menutup acara. He he he.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post