Koran Cepat Detikcom

16 Jul 2011

detikcom-siang

Jumat petang, (15/7), kemarin, beberapa reporter dan redaktur detikcom yang berada di ruangan baru menyerbu ke meja Pemimpin Redaksi Pak Budiono Darsono. Di tangan Pak BDI, biasa ia disapa, tampak sehelai surat kabar lama.

Koran itu lah yang menjadi pusat perhatian. Namanya detikcomSiang. Hampir seluruh awak redaksi penasaran dengan koran itu, kecuali tentu saja generasi awal detikcom. Bahwa pada perjalanannya, ternyata detikcom pernah melahirkan koran.

Jadi menurut cerita empunya detikcom itu, koran detikcom pernah terbit pada tahun 2001. Jumlah halamannya, kalau saya tidak salah mendengarkan, 8 halaman. Koran terbit dua kali sehari, yakni pada siang dan sore hari.

Saat itu, Pak BDI cuma menunjukkan detikcomSiang koleksinya. Harga koran tersebut Rp 900. Di atas judulnya ada tagline, “Koran Cepat”. Isi koran detikcomSiang adalah konten berita di situs detikcom pagi hari ditambah beberapa berita pengembangan.

“Jadi jam 11 naik cetak, langsung sebarin,” kata Pak BDI.

Ukuran koran detikcom sudah sangat ramah ruang. Kalau anda pegang Harian Kompas sekarang, seukuran itulah kira-kira. Bahkan, kata Pak BDI, Kompas meniru koran detikcom ini.

Saya lalu teringat betapa Kompas menggembar- gemborkan re-design korannya sekitar tahun 2005 lalu. Saya beli korannya pada waktu itu untuk mengetahui apa yang terjadi pada Kompas. Ternyata, hal yang sama sudah dilakukan koran detikcom beberapa tahun sebelumnya.

Sayang, koran detikcom tidak bertahan lama. “3 Bulan,” kata Pak BDI.

Foto: Pak BDI dan Koran Detikcom-nya. Mas Asydad mohon izin pakai fotonya.


TAGS


-

Author

Search

Recent Post